• SMP 2 MEJOBO adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri yang beralamat di : Jalan Raya Mejobo Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Telp. (0291) 435393.

    Silahkan bergabung di Facebook SMP 2 Mejobo Kudus
  • pengumuman
    Semua alumni SMP 2 Mejobo yang BELUM mengambil IJASAH dan SKHUN, mohon diselesaikan secepatnya di bagian Kurikulum. Jika tidak diambil dan terjadi sesuatu jangan salahkan Sekolahan (hilang atau rusak).
    .
    :::::::...Kegiatan Sekolah...:::::::
    Pengumuman Hasil UN Tingkat SMP : BELUM ADA INFO MASIH TETAP DI POS UN (14 JUNI 2014) .
  • s1

  • IP HTML hit counter - Quick-counter.net
  • admin :

Instal Netbook dengan Flashdisk

To the point aja buat temen-temen yg bingung mau instal OS di netbook atau laptop yg rusak optical drive-nya
dan kepengin nyobain bikin UFD/flashdisk sebagai pengganti CD instalasi buat windows XP, mari kita praktekkan tips berikut ini:

Kita siapin bahan2nya dulu:
1. Flashdisk berukuran minimal 2GB yg bener2 nganggur (dlm arti sebaiknya hanya utk kebutuhan instalasi aja, spy bebas dari virus2 nakal :D )
2. File PEtoUSB_3.0.0.7, bisa disedot dimari
3. File USB_prep8, linknya dimari
4. dan sebuah file lagi yaitu bootsect, sedot lagi dimari
5. CD windows XP (sebaiknya yg bukan “XP modifan”)

Step berikutnya:
1. Colokin UFD ke port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya (entah itu di F:, G:, H:, dsb).
2. Masukkan CD instalasi Windows XP ke CD/DVDROM. Autorun instalasi yg berjalan dibatalkan aja!
3. Masing2 file tsb (point 2, 3, 4) diekstrak dengan WINRAR/WINZIP, kemudian kita kumpulin dalam satu folder aja ( bikin satu folder khusus di sembarang drive, misal C:\XP2USB ). Kemudian copykan file “PE2USB.exe” di folder PE2USB ke dlm folder USB_PREP8. Karena USB_PREP8 akan menggunakan PE2USB dalam proses instalasi.

4. Selanjutnya, buka folder C:\XP2USB yg kita buat tadi, jalankan file bernama “usb_prep8.cmd” maka di desktop akan muncul Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.

5. Secara otomatis akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta format USB flashdisk kita. Tak perlu mengubah setting apapun, langsung klik Start untuk mulai proses formating flashdisk.

6. Bukalah window Command yang baru dengan cara klik tombol [Start] pada task bar dan pilih menu [Run…]
Pada kotak Open ketik: “cmd” kemudian klik [OK]

7. Window command yang baru akan muncul, pindahlah ke folder bootsect pada direktori yang sudah kita buat sebelumnya (lihat langkah 2) pada praktek disini alamat direktori tersebut adalah “C:\XP2USB\bootsect”. Untuk pindah gunakan command “cd” seperti contoh pada gambar dibwh ini:

setelah tekan enter selanjutnya menjadi :

8. Lalu tutup jendela PEtoUSB & command prompt bootsect di atas..(ingat!! jangan menutup jendela Command Prompt untuk usb_prep8.cmd), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
9. Kembali ke menu usb_prep8…pilihlah opsi 1 untuk menentukan source file2 instalasi yang nantinya akan dicopy ke flashdisk (pilih saja optical drive dimana tadi sudah kita masukkan CD Windows XP didalamnya, atau bisa jg memilih folder dlm HDD yg terdapat master instalasi Windows XP 8o
10. Berikutnya pilih opsi 2, ketik huruf drive yang BELUM digunakan oleh Windows XP. Misalnya drive T
11. Kemudian pilih opsi 3 untuk menentukan dimana kita mencolokkan flash disk. Kalau flash disk berada di drive F:, ketik aja F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
12. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan dicopykan ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.
Di proses terakhir ini akan sedikit makan waktu, jadi ya harus sabar…sampai proses paling akhir ketika terdapat perintah unmount drive, klik YES dan tutup jendela command prompt.

Fyuuuh….! it’s done!
Klo seluruh proses2 berjalan semestinya, kini flashdisk tadi bisa buat instalasi windows :thumbsup:
Jangan lupa, jika kita ingin menginstal OS lewat flasdisk ubah terlebih dahulu setingan first booting di BIOS-nya yah

Sumber : http://www.koc2.com/notebook-dan-barebone/6261-tips-instal-netbook-via-flashdisk/

2 Tanggapan

  1. blog yang aktraktif dan menyenangkan berada di sini semoga lancar dan selalu memberikan info terhangan buat kita semua

  2. trus gmn dengan bootingnya pak??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: