• SMP 2 MEJOBO adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri yang beralamat di : Jalan Raya Mejobo Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Telp. (0291) 435393.

    Silahkan bergabung di Facebook SMP 2 Mejobo Kudus
  • pengumuman
    Semua alumni SMP 2 Mejobo yang BELUM mengambil IJASAH dan SKHUN, mohon diselesaikan secepatnya di bagian Kurikulum. Jika tidak diambil dan terjadi sesuatu jangan salahkan Sekolahan (hilang atau rusak).
    .
    :::::::...Kegiatan Sekolah...:::::::
    Pengumuman Hasil UN Tingkat SMP : BELUM ADA INFO MASIH TETAP DI POS UN (14 JUNI 2014) .
  • s1

  • IP HTML hit counter - Quick-counter.net
  • admin :

Halal bi halal

Keluarga Besar SMP 2 Mejobo Kudus 

Mengucapkan

 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H

Minal aidhin wal faidhin

Mohon maaf lahir dan batin

Halal Bi halal keluarga besar SMP 2 Mejobo

H2H1

inilah wujud kebersamaan

H3 Halal bihalal, dua kata berangkai yang sering diucapkan dalam suasana Idul Fitri, adalah satu dari istilah-istilah “keagamaan” yang hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia. Istilah tersebut seringkali menimbulkan tanda tanya tentang maknanya, bahkan kebenarannya dari segi bahasa , walaupun semua pihak menyadari bahwa tujuannya adalah mencipakan keharmonisan antara sesama.

pengertian istilah tersebut, yang ditinjau dari dua pandangan. Yaitu, pertama, bertitik tolak dari pandangan hukum Islam dan kedua berpijak pada arti kebahasan. 

Menurut pandangan pertama – dari segi hukum – kata halal biasanya dihadapkan dengan kata haram. Haram adalah sesuatu yang terlarang sehingga pelanggarannya berakibat dosa dan mengundang siksa, demikian kata para pakar hukum. Sementara halal adalah sesuatu yang diperbolehkan serta tidak mengundang dosa. Jika demikian, halal bihalal adalah menjadikan sikap kita terhadap pihak lain yang tadinya haram dan berakibat dosa. menjadi halal dengan jalan memohon maaf.

Menurut pandangan kedua – dari segi bahasa – akar kata halal yang kemudian membentuk berbagai bentukan kata, mempunyai arti yang beraneka ragam, sesuai dengan bentuk dan rangkaian kata berikutnya. Makna-makna yang diciptakan oleh bentukan-bentukan tersebut, antara lain, berarti “menyelesaikan problem”, “meluruskan benang kusut”, “melepaskan ikatan”, dan “mencairkan yang beku”.

Halal bi halal siswa dengan guru

H5H4

 

 

 

<< Kembali >>

%d blogger menyukai ini: